Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio).

Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di Program Studi untuk membangun sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bina Darma, mengikuti sistem tata pamong dengan unsur dan organisasi dari universitas terdiri dari Yayasan, Dewan Penyantun, Pimpinan Universitas, Senat Universitas, BAU dan unsur penunjang meliputi : UPT Administrasi Komputer, UPT Perpustakaan, UPT LPPM dan Laboratorium.

           Universitas Bina Darma terdiri dari tujuh Fakultas dengan 17 program studi yang terdiri atas :

         Fakultas Ekonomi terdiri dari 4 program studi yaitu Program studi, Manajemen, Akuntansi, dengan jenjang strata satu, sedangkan jenjang Diploma III dengan program studi Manajemen Perusahaan, dan Administrasi Bisnis.

Fakultas ilmu komputer terdari 7 program studi yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika untuk jenjang S1, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Teknik Komputer untuk jenjang D3.

Fakultas Bahasa dan sastra yaitu program studi Sastra Inggris jenjang Strata Satu .

Fakultas Teknik dengan 3 program studi yaitu, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknologi Industri jenjang studi strata satu.

Fakultas Psikologi dengan Program Studi Psikologi jenjang studi Strata satu.

Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari 2 Program Studi yaitu Bahasa Indonesia dan Olahraga. ( lampiran Struktur Organisasi UBD).