Sistem seleksi dan Pengembangan Dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik di Universitas Bina Darma sebagai berikut:

a. Sistem seleksi atau perekrutan dosen dan tenaga kependidikan.

            Perekrutan baik tenaga pendidik maupun tenaga penunjang kependidikan diawali dengan seleksi administrasi yang dilakukan oleh Biro Administrasi, kemudian dilakukan seleksi kemampuan akademik, yaitu untuk tenaga pendidik dilakukan oleh Dekan dan Ketua Program Studi, dan untuk tenaga penunjang kependidikan dilakukan oleh kepala Biro Administrasi tata usaha/personalia,              Apabila persyaratan administrasi telah lengkap dan memenuhi yang dibutuhkan, dilanjutkan dengan tes psikologi yang dilakukan oleh tim Psikologi. apabila adanya tanda lulus dari psikologi dilanjutkan dengan tes wawancara oleh Kepala Biro Administrasi, Ketua Program Studi, Dekan, Wakil Rektor dan Rektor Universitas Bina Darma. Pelamar yang lulus tes diangkat menjadi dosen dan karyawan Universitas Bina Darma.
Sistem seleksi atau perekrutmen baik untuk tenaga pendidik/dosen ataupun tenaga penunjang kependidikan di Universitas Bina Darma sesuai dengan ISO 9001:2000, dapat dibuka di alamat website http://internet.binadarma.ac.id/iso, dengan instruksi kerja pengangkatan tenaga edukatif dan non edukatif (IK/SDM/01/01). Siatem seleksi ini ada dalam buku pedoman yang dibagikan ke setiap dosen.
Menjadi dosen tetap yayasan Universitas Bina Darma dengan tahapan sebagai berikut; selama 6(enam) bulan, seorang calon dosen ditetapkan sebagai bakal calon (balon) dosen tetap yayasan tujuannya untuk menilai apakah memenuhi persyaratan dan memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Apabila dinilai layak, maka selanjutnya akan ditetapkan sebagi calon untuk kemudian dinilai kembali setelah memenuhi persyaratan pengangkatan dosen tetap yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh institusi .

b. Penempatan.

   Penempatan Dosen dan tenaga kependidikan dilakukan oleh Biro Administrasi, Dekan dan Ketua Program Studi secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan dosen dan tenaga kependidikan untuk masing-masing Program Studi yang ada, sehingga masing-masing dosen tetap bernaung pada salah satu Program Studi tertentu sesuai dengan penempatan dan bidang keahlian yang dimiliki dosen.

 c. Pengembangan.

   Pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Universitas Bina Darma secara terpusat diilakukan oleb Biro Administrasi melalui sub-sub bagian yang ada dengan koordinasi Program Studi. Setelah menjadi dosen tetap Yayasan, maka secara priodik staf dosen akan dinilai unjuk kerjanya. Penilaian dilakukan dengan meminta tanggapan dari mahasiswa menggunakan kuesioner mengenai kualitas staf dosen dalam menyampaikan materi dikelas dan penilaian terhadap tingkat disiplin dosen yang tertuang dalam IKAD. Dosen tetap Yayasan akan ditempatkan pada program studi yang sesuai dengan bidang ilmu pendidikannya dan disesuaikan dengan kebutuhan program studi.

     Peningkatan keahlian dan keterampilan dosen selalu dilakukan guna memperbaiki Sumber Daya Mmanusia melalui pembinaan secara berkelanjutan melalui beberapa program antara lain pelatihan, seminar dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya, terutama yang berkaitan dengan program studi. Beberapa dosen program studi telah tersertifikasi secara nasional. Dengan kegiatan-kegiatan ini diharapkan kompetensi Sumber Daya Mmanusia khususnya dosen tetap menjadi lebih baik dari sebelumnya.

           Melalui Biro Administrasi. Usulan pemberhentian dibuat setelah menilai kesalahan yang bersangkutan dan mendiskusikannya untuk langkah perbaikan. Pemutusan kerja adalah upaya terakhir yang dapat dilakukan dalam mengontrol loyalitas para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas.

Leave a Reply