Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik).

         Upaya telah dilakukan untuk peningkatan suasana akademik, sehingga suasana akademik pada program studi Teknik Sipil sudah berjalan dengan baik.   Hal ini ditandai dengan kegiatan-kegiatan keilmuan yang dilaksanakan Program Studi Teknik Sipil, kegiatan penelitian dosen yang secara rutin dilaksanakan tiap semester dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bekerja sama dengan LPPM dan menyampaikan pikiran serta pendapat secara bebas di lingkungan universitas dengan menggelar seminar-seminar.

Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

           Untuk mendukung terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika maka didukung oleh sarana dan prasarana antara lain : perpustakaan yang sekarang sudah dikembangkan menjadi perpustakaan digital (digital library), laboratorium baik laboratorium komputer maupun laboratorium non komputer seperti laboratorium teknik sipil, laboratorium teknik industri, laboratorium teknik elektro,   ruang pengajaran, ruang dosen, ruang MIS dan sarana pembelajaran elektronik yaitu dengan e-learning.

Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas, untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya,bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

Hubungan antara dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Sipil pada saat ini sudah mencerminkan keadaan yang konduksif. Hal ini dapat dilihat dengan lancarnya kegiatan proses belajar mengajar baik di kelas maupun di laboratorium.   Selain itu, mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen tentang materi mata kuliah, tugas akhir dan lain sebagainya. Sistem cara konsultasi melalui tatap muka dilakukan di luar jadwal dan ruang kuliah baik mahasiswa maupun dosen yang bersangkutan. Selain itu dosen dapat melakukan interaksi dengan mahasiswanya melalui papan pengumuman yang disediakan di setiap lokasi perkuliahan atau melalui web atau blog dosen yang bersangkutan.

Kegiatan seminar dosen dilaksanakan secara bersama-sama dengan program studi lain yang diselenggarakan oleh LPPM. Disini mahasiswa juga bisa menjadi peserta seminar penelitian yang biasanya melakukan penelitian bersama dengan dosen program studi.

Kegiatan temu dosen-mahasiswa selalu dilaksanakan setiap tahun ajaran baru, di kesempatan inilah disampaikan kepada mahasiswa baru bagaimana menjalani kehidupan kampus. Dengan kegiatan orientasi kampus ini diharapkan terciptanya suasana akademik yang kondusif.

Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen.

       Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa berlangsung dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya pembagian pembimbingan mahasiswa, baik pembimbingan matakuliah, tugas akhir maupun jenis konsultasi akademik yang lainnya seperti magang dan PKL, bisa juga konsultasi bila mahasiswa yang menghadapi permasalahan pribadi.

Interaksi akademik antar mahasiswa dilakukan dengan menggiatkan kegiatan di himpunan mahasiswa teknik (Himastek). Semua kegiatan tersebut dikoordinir oleh pengurus himpunan mahasiswa.

Pengembangan perilaku kecendekiawanan.

           Perilaku kecendikiawanan dikembangkan melalui wadah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Bina Darma Manajemen Consultant (BMC). Melalui LPPM dan BMC mahasiswa dan dosen dapat mengembangkan kecendikiawanan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.