Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal.

Universitas Bina Darma merupakan institusi yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Darma. Program Studi teknik sipil yang berada dibawah naungan fakultas teknik pada Universitas Bina Darma, diketuai oleh ketua program studi yang diangkat oleh Rektor Universitas setelah mendapat pertimbangan Senat Universitas dan mendapat persetujuan dari Yayasan Bina Darma. Ketua Program Studi bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Teknik Universitas Bina Darma.

Manajemen pengelolaan program studi pada Fakultas Teknik Universitas Bina Darma dilaksanakan secara profesional dan proporsional. Dosen- dosen ditempatkan sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan Ijazah yang dimiliki untuk memimpin bagian dan mengasuh mata kuliah. Hal ini semata-mata untuk menempatkan dosen serta penghususan-penghususan bidang tertentu dengan harapan peserta didik akan mendapatkan pengalaman dan kepuasan selama studi di Fakultas Teknik Universitas Bina Darma, khususnya program studi teknik sipil. Proses dan prosedur pengambilan keputusan dilakukan secara bersama, melalui mekanisme musyawarah yang melibatkan semua unsur program studi. Kebijakan-kebijakan yang diambil, melibatkan unsur program studi terkait untuk selanjutnya dibahas dan diputuskan. Pengambilan keputusan yang dilakukan secara bersama ( musyawarah mufakat) menjadi kekuatan tersendiri dalam mengelola program studi yang efektif dan efesien. Selain itu bagi alumni adanya ikatan alumni juga menjadi faktor penguat. Selain itu keluhan atas lulusan yang masih kurang kemampuan dan keterampilan,mendorong pengelola Fakultas Teknik Bina Darma untuk meningkatkan kerjasama dengan penguna lulusan.