Sistem Informasi yang digunakan oleh Program Studi untuk Proses Pembelajaran antara lain adalah penggunaan e-learning yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa. Dalam e-learning, dosen dapat memberikan materi dan ujian secara on-line kepada mahasiswa. Selain itu dosen program studi juga memiliki blog yang dapat digunakan sebagai media untuk proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Informasi akademik juga dapat diperoleh mahasiswa melalui alamat web yang dapat diakses secara luas melalui jaringan internet. Untuk memenuhi sumber – sumber pustaka dosen dan mahasiswa Program studi, fasilitas digital library juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan sumber pustaka yang terbaru. Fasilitas digital library yang ada tergabing di dalam komunitas IDLN (Indonesia Digital Library Netwok) yang memiliki anggota 80 perpustakaan digital dari universitas yang ada di seluruh Indonesia.

Perangkat Lunak atau software yang di gunakan untuk menjalankan aplikasi atau Sistem informasi yang tersedia adalah ; sebagai Perangkat lunak (software) Sistem Operasi adalah WINDOWS yang berlisensi dari Microsoft dan LINUX. Sedangkan software yang digunakan mahasiswa sebagai penunjang program studi adalah AutoCAD, SAP2000, SANS Pro, STAAD Pro, NPILE, PILECAP, GRAVEWALL, PURLIN, FOOT, RETWALL, BASEMENT, SPSS, LUSAS, ETAB, LAND DESKTOP, dan Civil Design Companion.

Fasilitas Hardware atau Perangkat keras yang digunakan oleh Program Studi dalam Proses pembelajaran adalah Komputer sebagai Hardware  utama yang digunakan untuk melakukan kegiatan perkuliahan terutama Praktikum yang dilakukan di Laboratorium. Selain itu untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, setiap ruang kuliah baik ruang kuliah untuk teori ataupun ruang laboratorium   tersedia infokus untuk memudahkan dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan sehingga waktu yang digunakan dapat lebih efektif. Untuk memudahkan akses internet baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa, tersedia fasilitas hot spot yang berada di semua kampus sehingga memudahkan akses internet bagi semua dosen dan mahasiswa terutama untuk menunjang proses pembelajaran secara on line.