Motto UBD adalah BERMUTU. Kata bermutu dalam slogan tersebut mengandung 2 makna utama yang pertama bermutu berarti berkualitas dan yang kedua bermutu berarti bertekat maju untuk tetap unggul. Dalam rangka menjadi universitas yang bermutu, UBD berkomitmen untuk menjaga mutu dan terus menerus meningkatkan mutu baik dari sudut pelayanan, pendidikan, dan lulusan.

            Pengelolahan mutu internal program studi mengacu pada standarisasi mutu yang telah ditetapkan institusi. Pengelolaan dilakukan sesuai standarisasi ISO 9001:2000 yang telah diterapkan UBD sejak tahun 2003. Pedoman mutu ini meliputi semua aktifitas yang ada pada UBD mulai dari penerimaan mahasiswa baru, revisi kurikulum, perkuliahan dan aktivitas-aktivitas lain yang ada di UBD. Pengukuran dan evaluasi terhadap mutu yang telah dicapai dilakukan 2 kali dalam 1 tahun oleh internal auditor UBD, sementara evaluasi oleh pihak luar dilakukan 1 tahun sekali langsung dari RWTUV sebagai lembaga yang mengeluarkan sertifikasi ISO. Mahasiswa dan dosen juga ikut berperan dalam pengevaluasian mutu melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan setiap 6 bulan sekali.

            Penjamin mutu untuk universitas berada dibawah naungan Biro Kendali Mutu yang merupakan unit independent untuk mengendalikan mutu pada UBD. Unit ini yang mengawasi pelaksanan dan pencapaian mutu semua unit lain di UBD dan unit inilah akan melakukan audit internal secara berkala 2 kali dalam 1 tahun.

            Keberadaan manajemen mutu sangat membantu program studi teknik sipil dalam mengukur tingkat keberhasilan dan pencapaian mutu yang telah ditetapkan program studi. Dengan adanya evaluasi secara berkala sangat membantu mengukur tingkat keberhasilan dan kendala-kendala dalam pencapaian mutu sehingga peningkatan mutu dapat terus menerus dilakukan. Keberhasilan mahasiswa dalam proses pembelajaran, yang dapat dilihat dari hasil belajar juga akan dipantau terus menerus sehingga peningkatan mutu hasil belajar dapat dilakukan sesuai dengan target yang ditetapkan.

            Metode baku mutu pada UBD dapat dilihat pada prosedur-prosedur dan instruksi kerja yang telah disusun dalam dokumen ISO 9001:2000. Dokumen ini memuat semua prosedur, rencana pengembangan dan pencapaian semua unit dan bagian universitas termasuk program studi.Evaluasi internal dan eksternal yang dilakukan membantu UBD khusus program studi untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam pelayanan dan perkuliahan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan.